Jumat, 17 Februari 2012

FIBER OPTIK


Speed          : Teknologi jaringan Fiber Optik beroperasi pada kecepatan yang tinggi yaitu Gigabit/s.
Bandwidth    : Mampu membawa kapasitas dalam jumlah besar
Distance       : Sinyal dapat ditransmisikan lebih jauh tanpa penguatan
Resistance    : Lebih tahan terhadap noise

Fiber Optik adalah teknologi yang lebih bagus daripada teknologi kawat tembaga sebagai media saluran transmisi. Teknologi fiber optik digunakan untuk jaringan backbone ( kapasitas tinggi ). Teknologi fiber optik sama seperti teknologi kawat tembaga hanya saja teknologi fiber optik menggantikan teknologi kawat tembaga. Beda antara fiber optik dan copper wire yaitu fiber optik menggunakan sinyal cahaya untuk mentransmisikan sinyal sedangkan copper wire menggunakan sinyal listrik. Dengan melihat komponen - komponen yang menyusun rangkaian sistem fiber optik akan mempermudah pemahaman bagaimana fiber optik bisa lebih baik daripada sistem kawat tembaga / copper wire.

Salah satu ujung dari sistem adalah transmitter. Ini adalah tempat awal masuknya sinyal informasi ke dalam fiber optik. Transmitter menerima sinyal elektris dari kawat tembaga kemudian mengkonversinya menjadi sinyal cahaya dengan isi informasi yang sama menggunakan LED (Light Emitting Diode).

Transmisi sinyal melalui fiber optik bisa diasumsikan seperti gulungan karton yang panjang dimana bagian dalamnya dilapisi dengan lapisan kaca. Sehingga apabila salah satu ujungnya diberi cahaya maka cahaya itu akan keluar di ujung yang lain.

Bagian - bagian fiber optik :
1. Core ( inti )  yaitu kaca tipis yang merupakan bagian inti dari fiber optik dimana pengiriman sinyal
    dilakukan.
2. Cladding yaitu bagian yang mengelilingi inti yang berfungsi untuk memantulkan sinyal.
3. Buffer coating yaitu plastik pelapis yang melindungi fiber dari kerusakan.

Terdapat 2jenis fiber optic :
1. Single mode fibre
Mempunyai inti yang kecil (berdiameter 0.00035 inch atau 9 micron) dan berfungsi mengirimkan sinar laser inframerah (panjang gelombang 1300-1550 nanometer)
 2. Multi mode fibre
Mempunyai inti yang lebih besar(berdiameter 0.0025 inch atau 62.5 micron) dan berfungsi mengirimkan sinar laser inframerah (panjang gelombang 850-1300 nanometer)


TIPE - TIPE CONNECTOR FIBER OPTIK







Tidak ada komentar:

Posting Komentar